Talk 21 – Stupid Plagiator


Sebelum jadi penulis FF ataupun sesudah jadi author tetap fanfiction, aku sering denger kasus – kasus tentang orang yang plagiat FF orang lain. Aku sih, nggak pernah ikut campur. Tapi, setiap ngeliat kasus plagiat gitu hal yang aku pikirin, “Kok ada ya orang kayak gitu?” Plagiator itu memang orang yang nggak tau malu, males,  nggak kreatif, dan nggak tau sopan santun, sekaligus maling.

Dan aku sama sekali nggak nyangka bakal ada plagiator yang plagiat salah satu FF aku. Jadi, kemarin sepulang dari hang out sama temen – temen ke kelapa gading mall, aku OL dan nge-cek e-mail masukku di yahoo. Dan ada salah satu comment dari reader FF aku yang When I Cry, bilang kalau dia nemuin FF yang sama persis kayak FF aku itu, dengan cast dan nama author yang beda.

WHAT THE HELL???!!!!

Awalnya bener – bener Speechless karna kaget. Udah gitu langsung buka link yang dikasi sama reader itu (namanya “Fai” [Gomawo Fai atas bantuannya]). Pas liat dan bener FF When I Cry aku di plagiat, aku langsung kesel banget. Kesel..kesel..kesel..banget..banget..banget..,sampai aku hampir nggak bisa kontrol omongan aku.

Jadi FF aku yang When I Cry di post di blog si plagiator dengan ID si plagiator dan cast yang diganti. Cuma setiap kata, kalimat, paragraf, sampai titik, dan koma, semua sama persis sama punya aku. Bitch!!

Yang di bawah ini punya si Plagiator. ID aslinya aku sensor, sebagai rasa kasihan aku dan karna dia udah minta maaf :

Nah, yang di bawah ini punya aku, The Original one :

Foto di atas keterangan FF yang aku ambil dari blog aku ini Talkblahblahblah. Aku post FF/ drabble When I Cry ini di tiga blog. Talkblahblahblah, SMTown Fanfiction, dan FFindo.

Yang ini yang FFindo :

Yang ini yang di blog pribadi aku, Talkblahblahblah :

Dan yang terakhir di SMTownFF :

Dari foto yang aku cantumin, bisa diliat tanggal publishnya dan ketahuan kalau aku publish FF When I Cry lebih dulu daripada si plagiator. Aku publish When I Cry di FFindo dan Talkblahblahblah di hari yang sama yaitu pada 29 Juni 2011. Dan terakhir aku publish di SMTown Fanfiction pada 5 Juli 2011. Jujur, aku lupa kenapa aku publish di SMTown Fanfiction belakangan (hehehe)

Nah, ini salah satu bukti aku bisa nuduh si plagiator plagiat FF aku yang When I Cry. Yaitu dia publish When I Cry jauh setelah aku publish FF ini, yaitu pada tanggal 9 November 2011 (OMG seminggu setelah ulang tahun aku)

Oya, sebelumnya aku bilang kalau cerita, titik koma, dan sebagainya sama. Cover dari FF When I Cry dan When I Cry yang dia buat juga ada kesamaannya :

Yang ini punya aku :

Dan yang ini punya si Plagiator :

Bagusan punya aku kan? Hahaha..

Well, kesamaannya bisa dilihat di matanya. Sebenarnya aku nggak terlalu yakin dia nge – crop mata di  cover FF aku atau nggak. Karna kalau aku liat – liat struktur matanya beda. Dan untuk nyari mata nangis begitu gampang banget dan bikin cover kayak gitu juga gampang banget.

Tapi bagaimanpun juga, bisa dibilang covernya juga plagiat karna ngikutin cover FF aku (DASAR NGGAK KREATIF!!).

Link FF When I Cry si plagiator udah di blacklist sama Admin FFindo. Aku berterima kasih banget, karna udah dibantu. Dan bukan aku yang dituduh sebagai plagiatornya, hehehe..

Yang paling bikin aku nyesek sama si Plagiator itu, dia bilang dengan seenaknya bilang,

“FF drabble kedua yang kubikin, tapi ini sad ending” *bisa dilihat di foto yang paling pertama*

Sialan! Nggak tau malu! Terlebih dia juga dapet comment yang suka dan muji FF When I Cry yang si plagiator claim sebagai buatan dia. Bitch!!!

Iiihh..,sumpah! Nggak tau malu banget! Aku sama sekali nggak ngerti jalan pikirin dia! Terutama, setelah tau dia kelahiran 2000, yang artinya dia tiga tahun lebih muda daripada aku, dan udah berani plagiat FF orang. PARAH!!!

Untunglah reader yang comment di FF When I Cry dia cuma dikit, kalau nggak, aku pasti bakal lebih marah lagi. Bayangin aku udah kerja keras bikin FF ini, dan dia dengan enaknya copas terus dapet pujian dari hasil curian dia dengan enaknya.

Awalnya aku bingung gimana cara ngomong sama si Plagiator ini. Untung aku dapet profil dia dan dia nyantumin nama FB dan Twitter. Akhirnya, aku mutusin negur dia lewat Twitter. Awalnya sih dia kacangin, tapi akhirnya di bales, setelah aku pake kalimat yang lebih halus. Dan dia minta maaf..

Untung dia nggak aneh – aneh, dan langsung minta maaf. Jadi rasa marah aku nggak semakin parah. Tapi, kesel sama si Plagiator tetep ada sih!

Ya Allah, semoga nggak ada lagi kasus plagiat – plagiatan. Karna plagiator itu bener – bener bikin nyesek dan marah (sampe kebawa mimpi!). Dan plagiator yang plagiat FF aku ini jera. Amin.

5 thoughts on “Talk 21 – Stupid Plagiator

  1. […] Sebelumnya aku mau memberi tahu bahwa FF Drabble aku yang WHEN I CRY DI PLAGIAT. Well, reader When I Cry memang sedikit di sini, cuman aku mau memberitahu saja, kalau FF itu punya aku, dan cuma aku publish di wp SMTown FF ini, di FFindo, dan di blog pribadi aku Talkblahblahblah. Bagi yang mau lebih tau, bisa cek disini […]

  2. yaaa ampunnn cm ngom gtu aja???klo bsa mah di aduin ke polisi chingu melanggar hak cipta…wkwkkwkwkw
    sabar aja ya chinguuuu
    ttp semangat FIGHTING!!

  3. fuck damn bitch banget ya orang ini (plagiator itu). saya juga pernah diginiin dan itulah sebabnya saya udah berhenti dari dunia fanfiction. saya gamau karya saya diplagiatin sama orang ga punya otak dan ga punya malu kaya dia pake ngaku2 lagi hahaha lmaooo. blogwalking nih, nice blog, chingu ^^b

Leave a Reply

