Myth of Paper Cranes

Mitos origami burung bangau

Ternyata, mitos ini emang ada kejadian nyatanya di jepang. ceritanya gini :

Pada waktu zaman Perang Dunia II di Jepang, hiduplah seorang gadis kecil namanya Sadako Sasaki. dia menderita penyakit leukimia akibat radiasi nuklir yang terjadi pas perang dunia II itu. menurut kepercayaan jepang, SENBAZURU atau burung bangau itu adalah hewan yang dianggap suci karena dapat hidup sampai ribuan tahun.maka dari itu, siapa yang bikin 1000 origami senbazuru, arwah burung bangau akan mengabulkan keinginannya. Sadako percaya dengan mitos itu. ia pun membuat 1000 origami senbazuru. tetapi, di suatu pagi tanggal 25 Oktober 1995, Sadako menghembuskan nafasnya yang terakhir dengan meninggalkan 664 orizuru yang telah dia buat. Kawan-kawannya di sekolah pun melanjutkan melipat orizuru hingga berjumlah 1000. Hal itu dilakukan untuk mengenang sahabat baik mereka, Sadako Sasaki.

Tak berhenti sampai di situ. Kawan-kawan Sadako juga mengumpulkan dana untuk membangun sebuah monumen peringatan untuk Sadako dan seluruh anak yang meninggal dunia karena efek bom atom. tahun 1958 sebuah monumen berbentuk patung Sadako sedang memegang orizuru didirikan. Di monumen tersubut terdapat tulisan “This is our cry. This is our prayer. Peace in the world”. Setiap tahun monumen ini dikunjungi oleh ribuan orang, dan mereka selalu meletakkan orizuru di sekitar patung tersebut.

Menurut kepercayaan mereka, burung Bangau adalah mahluk suci yang bisa hidup sampai ribuan tahun. Oleh karena itu, siapapun yang membuat origami berbentuk burung Bangau sampai 1000 ini, bisa mengajukan keinginan, seperti berumur panjang ataupun sembuh dari penyakit, yang akan dikabulkan oleh arwah burung Bangau.
Sudah menjadi tradisi juga bahwa 1000 Bangau atau Senbazuru ini dihadiahkan kepada pasangan yang baru menikah, dengan harapan mereka akan dikaruniai 1000 tahun kebahagiaan dan keberuntungan dan juga kepada bayi yang baru lahir, untuk memulai hidup yang penuh dengan anugerah. Selain itu, untuk remaja perempuan yang baru berusia 13 tahun, biasa membuat Senzaburu untuk diberikan kepada seseorang yang mereka sukai.
Sampai saat ini, Senzaburu juga dianggap sebagai symbol perdamaian dunia, sejak munculnya cerita mengenai Sadako Sasaki, seorang gadis kecil yang berusaha menyelamatkan dirinya dari penyakit Leukimia yang dideritanya karena radiasi dari pengeboman di Hiroshima pada Perang Dunia II, dengan membuat 1000 bangau.
Meskipun Origami berasal dari Jepang, tapi saat ini seni melipat kertas sudah mendunia, dan tentu saja bukan hanya bentuk burung Bangau yang bisa dibuat, tapi ratusan bentuk lainnya bisa diciptakan lewat seni melipat kertas ini.
Source : alandiavialin @blogspot
—————————————————————————————————-
Talk 38 – Paper Cranes
Beberapa hari lalu aku belajar buat origami burung bangau. Butuh berjam – jam dan sesi bermumet – mumet ria sampe akhirnya aku bener – bener bisa bikinnya. Kenapa aku tiba – tiba belajar bikin origami burung bangau? Well, setelah baca mitos yang di atas, aku jadi kepikiran untuk ngasih Train origami burung bangau. Yahh..,nggak niat ngasih 1000 juga, haha..,aku bikin sepuluh aja setengah jam..,kekeke~
Yahh..,intinya aku bikin beberapa buat dia. Tapi origami burung bangau ungu yang ada di foto di atas itu yang paling special. Kenapa? Karna di dalemnya aku tulis ‘좋아해’ yang artinya ‘I Like You’.  T-a-p-i di hari aku mau ngasih origaminya, dia bikin aku nangis sampe mataku sakit. Hate him -_______-  Jadi, aku batal ngasih origaminya ke dia. Aku buang semua origami yang aku buat ke tempat sampah. Sebenarnya nggak semua sih, aku nggak buang origami burung warna ungu yang di foto. Nggak tau kenapa, aku nggak mau buangnya.
Malahan origami burung bangau ungu itu aku jadiin gantungan tas aku, hehehe…
Btw, if train read this and know that he is ‘train’, i’m sure he absolutely will regret it :p
Advertisements

2 thoughts on “Myth of Paper Cranes

  1. waktu googling malah ketemu artikel ini.
    dan langsung ada satu pertanyaan yang hinggap di otakku.
    sadako itu bukan nya setan ya? #plak
    dari SD aku sering tuh buat begituan,tau begitu aku kumpulin,hhe anyway makasih ya artikelnya membantu banget. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s