Talk 56 [Umrah Trip Part 2] – Jeddah to Mekkah to Madinah to Jeddah to Dubai to Indo, haha :D

Hai! Hai! Hai! Hai! πŸ˜€

Eh lupa, assalammualaikum, muehehehehehehe πŸ˜€

Jadi yang part 1 itu Gladis tulis tanggal 21 Juli, sekarang tanggal berapa? 24 Desember. Jedanya berapa hari itu? Berapa bulan? kekeke~

Yahhh…,begitulah Gladis kehilangan niat, dan niatnya baru kembali malam ini. Dan kembalinya niat itu dikarenakan rasa bosan Gladis. Sebenarnya banyak yang mau di post sebelum akhir tahun, dan Gladis berencana untuk mengawalinya dengan Talk 56 – Umrah Trip Part 2 πŸ˜€

Jadi setelah mandi ihram, kita langsung berangkat ke Mekah. Sepanjang jalan, aku dan rombongan bareng – bareng ‘melafalkan’ bacaan talbiyah. Tau kan bacaan talbiyah?

Labbaikallahumma Labbaik
Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik
Innalhamda Wan Ni’mata
Laka Wal Mulk
Laa Syarikalak

IMG00518-20120618-1637

Gladis udah pernah bilang belum sih, kalau sepanjang jalan Gladis ga ngeliat ada sepeda motor? Dan sampe sekarang Gladis belum tahu benar kenapa sepeda motor itu langka sekali. Mungkin karna disana panas. Mungkin karna hampir semua rakyatnya sanggup beli mobil. Mungkin….,yahh banyaklah mungkinnya. Oiya, disini kaum wanita itu nggak boleh nyetir. Dalam berbagai macam segi, di negara Arab Saudi, aku berpendapat emansipasi wanita itu memang kurang. Well, itu memang sesuai dengan kebudayaan islam, tapi yahh berdasarkan pemikiran otak Gladis yang sudah tercemar berbagai macam kebudayaan, hal itu bener – bener nggak seru. Sangat tidak seru. Apa – apaan Gladis dilarang nyertir? Hehe.. Tapi tapi tapi, disini wanita bener – bener dihargain. Cowok – cowoknya yang dari umur belasan sampe puluh – puluhan sikapnya gentle, yah ada sih yang rada – rada, tapi sebagian besar gentleman sekali. Mementingkan dan mendahulukan wanita. Jadi setimpal lah ya ^^

Ok, kembali ke cerita perjalanan. Jadi, di seperempat jalan ke Mekah, kita berhenti untuk makan siang di restoran yang namanya Restoran Madinah. Letaknya itu di ruko, ga besar, tapi cukup untuk nampung rombongan aku. Nah, pengalaman baru πŸ˜€ Untuk pertama kalinya selama 14 tahun hidup, Gladis makan berjamaah. Jadi satu piring berempat, hehe.. Aku makan bareng mama, papa, dan kakek aku. Piringnya itu lebar, memang dikhususkan untuk makan berjamaah. Yup, orang – orang di arab itu memang makannya berjamaah sesuai dengan sunah Nabi ^^ .

IMG00513-20120618-1557

Nasinya panjang – panjang, lauknya ayam goreng, eh tapi nggak berasa kaya ayam goreng juga. Entahlah ya itu ayam diapain, lalapannya bawang ungu dan kol, terus sambelnya saus tomat cair. Yah lumayan enak dan bisa diterima lidahku. Sebenarnya pulangnya mau beli ice cream di MCD, tapi karena udah dzuhur dan setiap masuk waktu sholat seluruh toko tutup, jadinya nggak jadi deh.. Oh iya itu, seluruh toko tutup setiap waktu sholat. Bener – bener tutup, bahkan kalau ada beberapa pelanggan, bakal disuruh cepet – cepet. Di mall juga begitu, pokoknya nggak ada yang jualan, waktu sholat ya sholat. Salut sekali πŸ˜€

Sampai di Mekah, kita langsung ke Masjidil Haram. Keren. Awesome. Amazing. Wonderful. Yup super super lahΒ  Masjidil Haram itu. Aku dan rombongan sholat dzuhur di sana. Subhanallah banget pas ngeliat Kakbah langsung, pas sholat air mata itu tiba – tiba udah keluar aja, hehe.. Jadi, abis sholat dzuhur kita tawaf, terus minum air zam zam. Nah, udah gitu kita Sa’i. Setiap sampai di bukit safa dan marwah, aku dan rombongan berdoa. Aku baca doa – doa yang udah aku catet di notes kecil yang aku simpen di dalem tas yang aku bawa – bawa terus selama umrah. Sa’i ini melelahkan, kaki makin lama makin berasa berat. Dan pas mau akhir – akhir, Gladis yang memang manusia rada – rada, mulai jalan dengan berbagai macam gaya. Eits, tapi yang ga terlalu memalukan kok πŸ˜€ Hehe..

Oiya, selama Sa’i itu kan banyak orang ya, terus orang cakep itu muncul dimana – mana. Gladis ga ngeliatin atau nyariin, tapi manusia – manusia cakep itu memang muncul terus -.- Jadi tuh ya, Gladis nunduk berkali – kali sambil ngucap astagfirullah berkali – kali, haha. Terus terus, anak kecilnya juga unyu – unyu, jadii….,yah begitulah haha. Tapi tapi tapi Gladis Sa’i nya khusyuk kok, cuma ya, kan mata ngeliat. Jadi ya, apa yang diliat aja.

Ok, hahaha..

Abis tahalul, yang artinya umrah udah selesai dengan lancar,

alhamdulillah~

aku dan rombongan ke hotel tempat kita nginep. Yaitu hotel Grand Zam Zam yang letaknya sangat strategis, sangat sangat dekat dengan Masjidil Haram. Well, orang di sebrangnya. Keluar pintu utama Zamzam tower, jalan lurus aja terus, nanti nyampe deh di pintu 1 Masjidil Haram. Dan hotel Grand Zamzam itu bintang 5, jadi Gladis bersyukur banget bisa nginep disana πŸ˜€ Dan di kamar tempat aku tidur bareng Tante Irma, Mbak Indah, dan Atu Ayah, dari jendelanya kita bisa ngeliat ke kakbah. Jadi dari kamar, kita bisa ngeliat orang – orang yang lagi tawaf. Pas malem, pencahayaannya subhanallah sekali ^^

IMG00622-20120620-2252

Oiya, hotel Grand Zamzam itu ada di lantai 5 Zamzam Tower. Dan kamar aku ada di lantai P11, berhubung keluarga aku ada 8 orang, jadi kita dapet dua kamar, yaitu kamar no.225 dan no.226. Dan makanya itu, di lantai….,berapa ya? 3 bukan sih? Lupa. Jadi makannya ga di restoran hotelnya, tapi di food court yang ada di Zamzam tower gitu, dan ada tempat yang udah di booking buat rombongan aku, dan prasmanan, dan makanannya makanan Indonesia, dan enak, dan banyak, hahahaha

Next day, pas bangun, badan aku itu berasa nggak enak banget. Rasanya lemes, perut sakit, kepala pusing, ngantuk, mana panas – panasan, dan jalan kesana kemari. Jadinya pas tawaf aku sangat sangat sangat lesu sampai dimarahin mama karna seharusnya aku semangat pas ibadah begini. Tapi yahh..,namanya juga capek, hehe.. Dan hari ini aku sekeluarga jalan – jalan. Kita ke Bin daud, itu supermarket yang terkenal di sana. Berbagai macam makanan dan barang – barang ada di sana. Walau aku ga tertarik untuk beli, aku seneng ngeliat berbagai makanan dan alat – alat yang nggak ada di supermarket Indonesia. Dan barang – barangnya lebih bervariasi juga. Salah satu contoh lebih bervariasi ituuuu…,deodorant disana ada yang rasa lemon permisa, hahahaha..

Oiya, aku beli permen ini. Lupa namanya apa, aku beli karna lucu bentuknya berry berry gitu. Rasanya nggak begitu enak, dalemnya cokelat aneh gitu.

IMG00558-20120619-1229

Terus aku jalan – jalan ke pasarnya. Barang – barang elektronik di sini memang murah, tapi banyak barang Cina juga. Dan ini rumahnya Nabi Muhammad yang sekarang jadi perpustakaan.

IMG00552-20120619-1224

Dan oiya, alhamdulillah, hari ini aku sholat di hijir ismail, dan bisa pegang rukun yamani lagi ^^

Hari selanjutnya bener – bener subhanallah πŸ˜€ Abis sholat subuh, alhamdulillah aku berhasil nyium hajar aswad πŸ˜€ πŸ˜€ Dan itu bener – bener dikasih kemudahan dan keyakinan, alhamdulillah alhamdulliah alhamdulillah~ Hari ini juga tawaf tiga kali, abis sholat subuh, sebelum dzuhur, dan abis maghrib. Paling enak itu tawaf pas deket – deket waktu dzuhur soalnya ga begitu rame. Memang panas, tapi jangan peduliin panasnya kaya kebanyakan orang, karna pas diwaktu – waktu itu bakal lebih mudah buat kita untuk deket ke kakbah.

21-06-2012

Pintu kakbah dibukaaaaaaaaaa!!!!!!!!!! Subhanallah subhanallah subhanallah~

Alhamdulillah kita dikasih kesempatan untuk ngeliat dan kemudahan juga untuk cari posisi yang bagus. Susah jelasin gimana dalemnya, tapi yang jelas pencahayaan di dalemnya hijau. Pantesan rasulullah suka warna hijau ^^

Hari ini juga tour ke Jabal Tsur dan Jabal Nur. Aku juga ke Arafah. Di Arafah ada tugu di bukit yang tinggi, itu tempat ketemunya Nabi Adam danΒ  Hawa setelah diturunkan di bumi. Di tugu itu aku nulis namaku dan nama temen – temen, hehe.. Harusnya aku juga ke perternakan unta, tapi karna mau ngejer sholat maghrib di Masjdil Haram, nggak jadi deh. Walau ujung -ujungnya nggak keburu karna macet. Yup, macet, hari Sabtu soalnya, yang kerja pada libur jadi pada ke Masjidil Haram.

IMG00703-20120621-2203

Nah, musibah datang di hari selanjutnya, aku datang bulan. Keren sekali. Yup, bener – bener harus bersabar, mungkin karna ada kesalahan aku pas di Indo juga, huufftt -___- Sekitar jam 4 sore, aku dan rombongan berangkat ke Madinah. Sepanjang jalan yang diliat gurun. Dan pas malem, jalanan gelap karna ga ada lampu jalan. Jadi, pas ngeliat ke jendela itu yang diliat cuma hitam doang.

Madinah lebih berasa kota nya dibanding Mekah yang masih keliatan pembangunan disana – sini. Di Madinah, kita nginep di hotel Al – Haram. Lebih enak belanja di Madinah daripada di Mekah. Soalnya deket dari hotel dan jualannya di pinggir jalan. Aku belanja sedikit, soalnya bingung juga mau beli apa. Dan oiya, kebab disini nggak enak. Enakan di Indonesia, lebih mantab πŸ˜€ haha..

Setelah dua hari di Madinah, kita ke Jedah. Nyampe Jedah sekitar jam 8 malem, hotel tempat kita nginep namanya Al – Azhar Hotel. Aku suka interior hotelnya, lucu gitu, dan kamarnya luas πŸ˜€ kekeke~ Abis sholat isya, kita tour sebentar naik bus dari hotel dan mampir di tempat belanja.

DSC_0264

Ok di foto di atas aku gendut banget. Berat badan aku memang naik, tapi nggak segendut itu!!!!! Itu efek dari bajunya yang kegedean, jadinya aku keliatan gendut banget, huft -,-

Sudah, lupakan saja..

Besoknya aku langsung take off ke Dubai. Nyampe di Dubai nggak lama setalah ashar. Dengan tour guide bernama Mbak Fenny (Orang Indonesia) dan Mr.Chrucil (hahaha..,kalo ga salah) kita keliling Dubai.

Pertama, kita ke Golden Shop. Disana belanja – belanja, by the way, disana nggak semuanya toko emas kok, hehe.. Abis itu kita ke Masjid Jumairah buat sholat dzuhur dan ashar. Udah gitu, kita ke hotel termahal di Dubai, bintang 7, muehehe…, pasti udah ga asing lah ya, namanya Burj Al – Arab

DSC_0405

Alay ya Gadis? Nggak, kan Dubai, wkwkwk

Lanjut ke Palm Island.Β  Palm Island ini pulau buatan pertama yang menyerupai pohon kurma, dan kalau kita punya rumah di sana, berarti kita bisa dibilang tetangganya David Beckham, J.Lo, dan orang – orang terkenal lain yang juga punya rumah disana. Dan harga rumah disana kalo ga salah paling murahnya itu 8 juta dolar. Berapa ya rupiahnya? kekeke~

Di sana ada hotel Atlantis yang kalo aku liat modelnya kaya yang dicartoon Aladin gitu πŸ˜€

DSC_0440

Terus kita ke Dubai Mall, yang merupakan mall terbesar di dunia. Yup, Dubai ini banyak ter ter nya, kekeke~ Di dalam Dubai Mall ini adaΒ  1200 outlet, parkiran yang bisa menampung 16.000 mobil, 23 bioskop, ring ice skating, juga aquarium yang kaya di seaworld Ancol. Kata Mr. Churcil, butuh 3 hari untuk ngelilingin Dubai Mall, dan banyak kasus orang yang nyasar di Dubai Mall ini, haha..

DSC_0471

Daaaaaaaann ada toko permen luaaaas yang permennya unyu – unyu. Sayangnjya aku nggak ada uang dirham, jadi ga bisa belanja, daaaaaan…,waktu disana terbatas -,- huft sekali

DSC_0482

Next, Burj Khalifa πŸ˜€ Hotel tertinggi di dunia, di dalemnya adaΒ  lift tercepat di dunia, kalo mau naik lift itu ke lantai 124, kita bisa sampai dalam waktu 60 detik. Pararararararam~ Secepat apa itu?

DSC_0493

Entah ini papa atau kakak yang foto, tapi ini mengecewakan. Karena, nggak ada satupun foto aku, yang Burj Khalifanya ke foto sampe atas. Padahal, pas aku yang foto, aku sampe hampir baringan di lantai biar ujung atasnya keliatan. Liat nih, salah satu jepretan Gladis (abaikan sosok buram hijau – hijau yang numpang eksis) πŸ˜€

DSC_0514

Disana kita juga liat dancing fountain yang super super super awesome πŸ˜€

DUBAI MANSEEEEEEEEE!!!!!!!!!!

Dan setelah kurang lebih 10 hari di negeri orang, besoknya aku pulang ke Indonesia πŸ˜€ Tralalala~

It’s a really exciting trip πŸ˜€

Ok, it’s already late and i’m really sleepy. So babay πŸ˜€

DSC_0536

Yup, Umrah Trip selesai, dadaaaaaaahhhhh ~

One thought on “Talk 56 [Umrah Trip Part 2] – Jeddah to Mekkah to Madinah to Jeddah to Dubai to Indo, haha :D

Leave a Reply

